Pengertian Invoice dan Tips Memperoleh Pembayaran Invoice Tepat Waktu

 

Sumber: https://zerobscrm.com/feature/invoices/

Invoice adalah dokumen penting yang diterbikan oleh penjual kepada pembeli. Karena pentingnya ini, semua pelaku bisnis harus memiliki invoice, baik untuk bisnis dalam skala kecil maupun besar.

Meskipun penting, masih ada juga pelaku bisnis yang masih meremehkan kegunaan invoice. Padahal ada banyak fungsi dari invoice dan tentunya dapat menguntungkan juga bagi pihak penjual.

Meskipun bisnis sedang berada di puncak serta banyak pembelian, jangan senang dulu. Karena biasanya ada juga pihak – pihak pembeli yang melakukan kredit, belum membayar pembelian secara kontan. Hal ini tentunya sangat mengganggu perputaran uang di perusahaan jika tagihan dari pembeli belum dibayarkan.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk dapat melakukan tagihan invoice secara tepat waktu kepada pembeli. Namun sebelum itu, kita akan bahas sedikit mengenai pengertian dari invoice adalah.

Pengertian Invoice adalah

Invoice adalah dokumen penting yang diterbitkan penjual atau perusahaan kepada pembeli. Di dalamnya terdapat informasi – informasi penting terkait transaksi jual beli, dimana yang tertera di dalam invoice adalah daftar produk barang atau jasa yang dibeli, harga setiap produk, serta jumlah harga yang harus dibayarkat.

Dengan adanya invoice, dapat menjadi dokumen sah untuk melakukan penagihan terhadap pembeli. Selain itu, invoice juga dapat dijadikan rujukan perusahaan untuk melakukan pembukuan keuangan.

Tips Memperoleh Pembayaran Tepat Waktu pada Invoice adalah

Sumber: https://blog.hubstaff.com/best-free-invoice-templates/

Selain keterangan pembelian, di dalam invoice juga memuat mengenai termin serta tempo waktu pembayaran. Namun, invoice masih juga memiliki kelemahan, dimana kelemahan invoice adalah tidak tepatnya waktu pembayaran yang dilakukan oleh pembeli.

Menurut penelitian, ketidak tepatan waktu pembayaran dikarenakan pembeli merasa kurang jelas dengan instruksi yang tertera pada invoice. Oleh karena itu, berikut tips menulis invoice secara efektif sehingga pembeli dapat membayarkan invoice tepat waktu.

  1. Anda dapat membuat invoiceyang mudah dimengerti. Karena tidak semua pembeli adalah orang yang mengerti tentang akuntansi, oleh karena itu buatlah invoice secara jelas dan mudah dimengerti. Terutama mengenai produk yang dibeli serta jumlah tagihan.
  2. Kirimlah invoicepada orang yang tepat, karena dengan begitu tagihan dapat segera dibayarkan. Kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan biasanya mengirimkan invoice pada orang yang tidak tepat, sehingga tidak segera dieksekusi pembayarannya. Sementara kesalahan lain yaitu mengirimkan invoice ke banyak orang, yang justru membuat tiap pihak merasa sudah ditangani oleh orang lain. Sehingga tidak perlu melakukan pembayaran, dan akhirnya invoice belum terbayarkan.
  3. Memberi batas pembayaran lebih awal juga menjadi langkah tepat supaya invoicesegera dibayarkan. Ada kemungkinan pembeli membayar invoice dua minggu lebih lambat dari tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, tidak masalah jika perusahaan memberikan waktu jatuh tempo lebih awal dari waktu yang seharusnya. Sehingga perputaran uang di perusahaan tidak terhambat.
  4. Mengirim invoiceharus dilakukan secepatnya. Setelah semua pengiriman barang dan proses transaksi selesai, ada baiknya untuk segera mengirimkan invoice kepada pelanggan. Invoice yang cepat dikirim akan mendorong pembeli untuk membayar lebih cepat juga.
  5. Memberi insetif jika melakukan pembayaran lebih awal juga dapat mendorong pembeli untuk membayar lebih cepat. Anda dapat memberikan diskon kecil untuk invoicesebagai penghargaan.

Itulah tips yang dapat Anda terapkan supaya tagihan invoice kepada pembeli dapat segera dibayarkan. Supaya perputaran arus keuangan di perusahaan berjalan lancar.

Leave a Comment